About

free counters

Selasa, 29 Mei 2012

TUGAS KE-2 BIO 12

TULISKAN PENDAPATMU DI KOMENTAR BLOG INI TENTANG PERBEDAAN  ANTARA PERTUMBUHAN  DAN PERKEMBANGAN  PADA TANAMAN DAN BERILAH SATU CONTOHNYA !

82 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. pertumbuhan : bersifat irreversible, dpt dihitung nilai pertumbuhannya seara kogkret dg alat ukur
    perkembangan : bersifat reversible, tdk dpt dinyatakan dg ukuran, tetapi dinyatakan dg perubahan bentuk tubuh dan tingkat kedewasaan

    contoh : pada tanaman kecambah, kita dpt mengukur panjangnya yg mulanya hanya 3 cm, beberapa minggu kemudian menjadi 6cm. dan perkembangannya dapat dilihat dari keluarnya akar pada kecambah tersebut.


    firdo alhamda (15) XII IPA 2
    tanggal : 11 july 2012

    BalasHapus
  5. Perbedaan antara Pertumbuhan dan Perkembangan :
    -Pertumbuhan : Pertambahan jumlah sel pada suatu organisme. Pertumbuhan bersifat irreversible (tidak dapat balik). Proses pertumbuhan diikuti dengan pertambahan berat tubuh.
    Pertumbuhan dapat diukur secara kuantitatif karena mudah diamati yaitu perubahan jumlah dan ukuran. Contoh : semua tanaman yang awalnya hanya bebrapa cm bahkan ukurannya di bawah manusia setelah beberapa tahun bisa mencapai ukuran tiang listrik

    -Perkembangan : Proses untuk mrncapai kematangan fungsi organisme. Dapat diukur secara kualitatif karena perubahannya bersifat fungsional. Contoh : setiap tanaman menghasilkan bakal biji menjadi biji dan bakal buah menjadi buah.
    Terimakasih.

    Tanggal : 11 Juli 2012
    Nama : Rahmania Desliyanti Putri
    Kelas : XII-B/27

    BalasHapus
  6. Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan :

    #Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran seperti panjang, lebar,volume dan massa. Bersifat kuantitatif Irreversibel (tidak dapat kembali ke keadaansemula).

    #Perkembangan adalah suatu proses menuju kedewasaan (menuju suatu keadaan yang lebih tinggi, lebih teratur dan lebih kompleks).

    #Pertumbuhan pada tumbuhan di bedakan antara pertumbuhan primer dan sekunder.

    #Contoh Pertumbuhan :
    1.Pertumbuhan primer : pertumbuhan yang memanjang baik yang terjadi pada ujung akar maupun ujung batang.
    2.Pertumbuhan sekunder : pertumbuhan yang dapat menambah diameter batang.

    #Contoh Perkembangan :
    1.Suatu tanaman yang berkembang mulai hanya sebatang tanaman menjadi tanaman yang kompleks yang awalnya hanya mempunyai daun sedikit hngga bisa menjadi lebat, memiliki bunga, buah, hingga dapat membuat individu baru.

    Terima kasih,
    Tanggal : 11 juli 2012.
    Nama : Rizky Eko Nugroho.
    Kelas : XII-B/32.

    BalasHapus
  7. Pertumbuhan adalah suatu proses pertambahan ukuran, volume serta jumlah sel yang ditandai dengan pertambahan panjang, berat dan tinggi makhluk hidup yang bersifat irreversibel (tidak dapat kembali ke bentuk semula) dan kuantitatif (dapat diukur).

    Perkembangan adalah suatu proses dari organisme muda menuju keadaan yang lebih dewasa (matang secara seksual sehigga dapat melakukan reproduksi), serta bersifat kualitatif (tidak dapat diukur).

    contoh perbedaan antara petumbuhan dan perkembangan.

    1. Pertumbuhan
    Tanaman mangga yang tumbuh dari tanaman muda yang kecil menjadi tanaman yang lebih besar dan bercabang rindang. ukurang tinggi, berat dan volume dari batang dan daun tanaman mangga tadi dapat diukur dengan menggunakan alat ukur yang ada.

    2. Perkembangan
    Tanaman mangga yang ketika menjadi tanaman muda tidak menghasilkan bunga dan buah, setelah beberapa tahun ditumbuhkan, dapat menghasilkan bunga dan buah yang bertujuan untuk perkembangbiakan dan reproduksi. Proses ini tidak dapat diukur karena kematangan seksual tanaman mangga tadi dapat berbeda - beda antara satu individu dengan individu lain, tergantung dari faktor yang mempengaruhi.


    materi referensi:
    Buku Biologi SMA Jilid 3A

    Terima kasih,
    Tanggal : 11 juli 2012.
    Nama : Eka wachyu septianingrum.
    Kelas : XII-B/12.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Pertumbuhan merupakan proses bertambahnya ukuran tubuh yang meliputi tinggi, berat, dan volume tubuh yang bersifat ireversibel(tak dapat kembali ke bentuk semula),serta dapat dinyatakan secara kuantitatif.
    Sebagai contoh : pertambahan tinggi tanaman, pertambahan berat sapi, tubuh anak-anak bertambah besar ketika menginjak remaja dan lain sebagainya. Pertumbuhan bersifat kualitatif/punya nilai yang dapat diukur dalam angka.

    Selama hidupnya makhluk hidup selain mengalami pertumbuhan juga mengalami perkembangan.

    Perkembangan merupakan proses biologis makhluk hidup menuju tingkat kedewasaan, dapat berupa perubahan bentuk, susunan dan fungsi organ-organ tubuh menuju kedewasaan/kesempurnaan, sel- sel berdiferensiasi, proses ini berlangsung secara kualitatif dan irreversible. Sebagai contoh : perubahan biji menjadi kecambah, perubahan telur menjadi anak ayam, pohon mangga berbunga. Dalam perubahan tersebut perbedaan ukurannya tidak terlalu besar/mencolok namun terjadi perubahan besar yang tidak dapat diukur berupa perubahan bentuk.

    Contoh perkembangan yang jelas dapat dilihat dari siklus hidup kupu-kupu. Kupu-kupu mengalami metamorfosis (proses perubahan bentuk selama pertumbuhan mahluk hidup hingga mencapai bentuk dewasa) :


    Nama : Fa'iz Afiatus Zahra
    Kelas: XII-B
    Tanggal : 12 Juli 2012

    BalasHapus
  10. Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Tanaman/Tumbuhan

    PERTUMBUHAN

    Pertumbuhan pada tanaman dapat diartikan sebagai perubahan secara kuantitatif selama siklus hidup
    tanaman yang bersifat tak terbalikkan (irreversible)

    Contoh:
    Bertambah besar ataupun bertambah berat tanaman atau bagian tanaman akibat adanya penambahan unsur-unsur struktural yang baru, peningkatan ukuran tanaman yang tidak akan kembali sebagai akibat pembelahan dan
    pembesaran sel.

    PERKEMBANGAN

    Perkembangan pada tanaman dapat juga diartikan sebagai proses perubahan secara kualitatif atau mengikuti pertumbuhan
    tanaman/bagian-bagiannya atau dapat juga diartikan proses hidup yang terjadi di dalam tanaman yang meliputi pertumbuhan, diferensiasi sel, dan morfogenesis.

    Contoh:
    Perubahan dari fase vegetatif ke generatif

    Nama : Satriyo Putra Sarjono
    Kelas: XII-B
    Tanggal : 12 Juli 2012

    BalasHapus
  11. Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

    1.Pertumbuhan
    Pertumbuhan merupakan proses bertambah ukuran,volume,dan massa pada makhluk hidup.Pertumbuhan bersifat bisa diukur atau kuantitatif dan tidak bisa kembali seperti semula atau irreversibel.pertumbuhan dipandang pula sebagai perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik.Pertumbuhan ini akan terhenti setelah adanya pematangan pada diri individu.
    Contoh bertambah panjang tulang-tulang terutama lengan dan tungkai, bertambah tinggi dan berat badan serta makin bertambah sempurnanya susunan tulang dan jaringan syaraf.

    2.Perkembangan
    Perkembangan merupakan proses menuju kedewasaan pada makhluk hidup.Perkembangan bersifat tidak bisa diukur atau kualitatif dan bisa kembali seperti semula atau reversibel.Perkembangan dapat juga dikatakan sebagai suatu urutan perubahan yang bersifat saling mempengaruhi antara aspek-aspek fisik dan psikis dan merupakan satu kesatuan yang harmonis.Perkembangan akan dicapai karena adanya proses belajar, sehingga anak memperoleh pengalaman baru dan menimbulkan perilaku baru.
    Contoh anak diperkenalkan bagaimana cara memegang pensil, membuat huruf-huruf dan diberi latihan oleh orang tuanya. Kemampuan belajar menulis akan mudah dan cepat dikuasai anak apabila proses latihan diberikan pada saat otot-ototnya telah tumbuh dengan sempurna, dan saat untuk memahami bentuk huruf telah diperoleh.Dengan demikian anak akan mampu memegang pensil dan membaca bentuk huruf. Melalui belajar anak akan berkembang, dan akan mampu mempelajari hal-hal yang baru.

    Terima Kasih.
    Tanggal : 12 Juli 2012
    Nama : Primasari Hernanda
    Kelas : XII-B

    BalasHapus
  12. perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan

    Pertumbuhan dapat diartikan sebagai suatu proses pertambahan ukuran atau volume serta jumlah sel secara irreversible, atau tidak dapat kembali ke bentuk semula, juga pertumbuhan itu dapat diukur serta dinyatakan secara kuantitatif.

    Perkembangan dapat diartikan sebagai suatu proses menuju tercapainya kedewasaan atau tingkat yang lebih sempurna (kompleks), proses ini berlangsung secara kualitatif serta tidak dapat dinyatakan dengan ukuran tetapi dengan perubahan bentuk tubuh (metamorfosis)dan tingkat kedewasaan.

    contoh : pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman belimbing yang kita tanam awalnya masih kecil, kemudian setelah kita sirami air dan diberi pupuk, maka lama-lama tanaman tersebut akan tumbuh besar, dan berkembang dengan daun yang menjadi lebar, batang yang membesar, akar yang memanjang, berbuah belimbing itu sendiri, dan dapat berkembang biak.

    13 JULI 2012

    BRAVIRA PUTRA DESTO
    XII-IPA B/IPA 2
    07

    BalasHapus
  13. Pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran (volume, massa, jumlah) sel. Bersifat kuantitatif dan irreversible.
    Contoh : pohon jambu yang awalnya berukuran 9 cm menjadi 20 cm.

    Perkembangan adalah proses menuju kedewasaan makhluk hidup. Bersifat kualitatif dan reversible.
    Contoh : Munculnya bunga atau buah pada pohon jambu

    14 juli 2012

    PUTRI AJI ESA SUSILO
    XII-B

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Pertumbuhan adalah proses kenaikan massa dan volume yang irreversible (tidak kembali ke asal) karena adanya tambahan substansi dan perubahan bentuk yang terjadi selamaproses tersebut. Selama pertumbuhan terjadi pertambahan jumlah dan ukuran sel. Pertumbuhan dapat diukur serta dinyatakan secara kuantitatif.
    contoh :pertumbuhan dari zigot ke embrio lalu menjadi manusia

    Perkembangan adalah proses menuju tercapainya kedewasaan atau tingkat yang lebih sempurna. Perkembangan tidak dapat dinyatakansecara kuantitatif. Perkembangan merupakan proses yang berjalan sejajar dengan pertumbuhan.
    contoh : jagung yang tumbuh juga mengalami perkembangan sehingga terbentuk struktur yang dewasa (bunga, buah dan biji)

    14 juli 2012

    desi frida priyanti
    XII-B / 09

    BalasHapus
  17. >>Pertumbuhan
    Pertumbuhan bersifat bisa diukur atau kuantitatif dan tidak bisa kembali seperti semula atau irreversibel.pertumbuhan dipandang pula sebagai perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik.

    Contoh:
    tanaman tumbuh besar, dan berkembang dengan daun yang menjadi lebar, batang yang membesar, akar yang memanjang

    >>Perkembangan
    Perkembangan bersifat tidak bisa diukur atau kualitatif dan bisa kembali seperti semula atau reversibel.Perkembangan dapat juga dikatakan sebagai suatu urutan perubahan yang bersifat saling mempengaruhi antara aspek-aspek fisik dan psikis dan merupakan satu kesatuan yang harmonis.

    Contoh:
    Pohon Apel yang belum menghasilkan buah,dengan dirawat & di beri pupuk beberapa bulan kemudian,pohon apel dapat menghasilkan buah sendiri.

    14 juli 2012

    Sri Abdurrahman S
    XII-B/36

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran (berat, volume, tinggi, dan panjang) yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali ke bentuk semula) yang dihasilkan dari pembelahan sel dan pembesaran sel. Pertumbuhan merupakan proses kuantitatif atau terukur.
    Contoh : Batang tumbuhan yang tadinya 2 cm kemudian harinya menjadi 5 cm. berarti ukurannya bertambah besar dan tinggi.

    Perkembangan adalah proses menuju kedewasaan (lebih kompleks). Dewasa secara biologis. Artinya, makhluk hidup yang bersangkutan sudah mampu melakukan perkawinan atau reproduksi secara seksual. Perkembangan yang terjadi pada makhluk hidup menyebabkan individu mengalaminya akan semakin sempurna. Organ-organya pun makin lengkap. Perkembangan bersifat kualitatif (tidak dapat di ukur)
    Contoh: Dari biji terdapat bakal akar, batang, daun, semakin berkembang akar lebat, batangtinggi, daun rimbun, ada bunga bahkan jadi buah

    14 Juli 2021
    Adelia Farah Dibah
    XII-B/1

    BalasHapus
  20. Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran fisik tumbuhan. Bersifat kuantitatif Irreversibel (tidak dapat kembali ke keadaan semula)
    Dapat diukur dengan menggunakan alat: auksanometer.
    contoh: batang bertambah tinggi atau panjang.



    perkembangan adalah bertambahnya kemampuan mengembangkan diri (cth:bereproduksi). Bersifat kualitatif
    Reversibel (dapat kembali ke keadaan semula). Tidak dapat diukur
    contoh: kemampuan menghasilkan buah dan bunga.

    14 Juli 2012
    Fitriannisa Hikmayanti
    XII-B/17
    jam: 17:43

    BalasHapus
  21. Pertumbuhan adalah proses pertambahan jumlah dan atau ukuran sel dan tidak dapat kembali kebentuk semula (irreversible), dapat diukur (dinyatakan dengan angka, grafik dsb).
    contoh:
    Batang tumbuhan yang tadinya 2 cm menjadi 5 cm

    Perkembangan adalah proses menuju ke tingkat kedewasaan / pematangan tidak dapat diukur tetapi hanya dapat di amati.
    contoh:Pematangan sel ovum dan sperma

    Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua proses yang berjalan secara simultan (bersamaan).

    safitri P.
    XII-B / 33
    14 Juli 2012

    BalasHapus
  22. Pertumbuhan adalah peristiwa perubahan biologi yang terjadi pada makhluk hidup, berupa pertambahan ukuran (volume, massa, dan tinggi) yang bersifat irreversibel
    contoh: batang tumbuhan yg tadinya 3 cm bisa menjadi 7cm
    Perkembangan adalah peristiwa perubahan yang terjadi selama masa pertumbuhan menuju pada satu proses kedewasaan sehingga terbentuk organ-organ yang mempunyai struktur dan fungsi yang berbeda.
    contoh:membentuk bunga bahkan buah

    Aviora Karunia
    XII-B/05
    15 Juli 2012

    BalasHapus
  23. Tanggal 15 juli 2012
    Nama : Dea Ghiovani Raissa
    Kelas : XII-B
    No Absen : 08

    Perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan

    - Pertumbuhan
    Pertumbuhan adalah penambahan biomassa yang bersifat tidak dapat
    balik (irreversible). Penambahan biomassa ditandai dengan penambahan
    berat, panjang, volume, jumlah sel, dan lain-lain. Pertumbuhan pada makhluk hidup dapat dilihat dari perubahan ukurannya. Oleh karena itu, pertumbuhan dapat dinyatakan dalam ukuran panjang maupun berat.
    #contoh : batang tumbuhan yg awalnya 3cm dan seminggu kemudian menjadi 10cm .

    -Perkembangan
    Selama pertumbuhan, makhluk hidup juga mengalami perkembangan. Perkembangan merupakan perubahan struktur dan fungsi yang bersifat
    spesifik. Perubahan struktur dan fungsi tersebut menyebabkan bagian-bagian penyusun tubuh bertambah lengkap, sempurna, dan kompleks.
    #contoh : Dari biji terdapat bakal akar, batang, daun, semakin berkembang akar lebat, batangtinggi, daun rimbun, ada bunga bahkan jadi buah

    BalasHapus
  24. Bonifasius Vendra
    XII-B / 06

    Tumbuh dan berkembang merupakan salah satu ciri makhlik hidup . Pertumbuhan dan perkembangan berjalan seiring .

    PERTUMBUHAN
    Pertumbuhan adalah proses pertambahan volume yang irreversible (tidak dapat balik) karena adanya pembelahan mitosis atau pembesaran sel ; dapat pula disebabkan oleh keduanya. Pertumbuhan dapat diukur dan dinyatakan secara kuantitatif, contohnya : pertumbuhan batang tanaman dapat diukur dengan busur pertumbuhan atau auksanometer. Lihat gambar dibawah ini
    http://3.bp.blogspot.com/_g7cSKz_Sciw/TTUcljSWkuI/AAAAAAAAADc/J8TcT-4waFM/s1600/auksanometer.jpg
    Auksanometer merupakan alat untuk mengukur kecepatan pertumbuhan tanaman.
    Contoh pertumbuhan : semula panjang tumbuhan euphorbia 7cm selang beberapa minggu menjadi 9cm .


    PERKEMBANGAN
    Perkembangan adalah terspesialisasinya sel - sel menjadi struktur dan fungsi tertentu. Perkembangan tidak dapat dinyatakan dengan ukuran, tetapi dapat dinyatakan dengan perubahan bentuk dan tingkat kedewasaan.
    Contoh perkembangan : tumbuhan euphorbia sudah bisa berbunga

    BalasHapus
    Balasan
    1. BAGUS SEKALI JAWABAN MU , BON TETAP TERUS BELAJAR YA....

      Hapus
  25. TRIMAKASIH , SAYANG SEMUA JAWABAN BENAR TAPI KALIAN HARUS LEBIH BAYAK LAGI BELAJAR ... MEMBACA ... SUKSES UNTUK SEMUA

    BalasHapus
  26. 1. pertumbuhan
    pertumbahan merupakan perubahan ukuran organisme karena bertambahnya sel-sel dalam setiap tubuh organisme yang tidak bisa diukur oleh alat ukur atau bersifat kuantitatif. Atau secara bahasanya perubahan ukuran organisme dari kecil menjadi besar.

    Contoh
    Batang tumbuhan yang tadinya 2 cm menjadi 5 cm
    Bayi yang beratnya 5 kg berubah menjadi 6,5 kg
    Berat tubuh kucing yang tadinya 4 kg menjadi 6 kg
    Ketika kita akan mengukur pertumbuhan tumbuhan ada sebuah alat ukur khusus yang dinamakan auksanometer.
    2. perkembangan
    perkembangan merupakan salah satu perubahan organisme ke arah kedewasaan dan biasanya tidak bisa diukur oleh alat ukur atau bersifat kualitatif.

    Contoh :
    Pematangan sel ovum dan sperma
    Pematangan hormon-hormon dalam tubuh

    TANGGAL : 15 JULI 2012
    WAKTU : 21.51
    NAMA : FIRMANSYAH PRAWIRA UTAMA
    KELAS : XII IPA 2

    BalasHapus
  27. Perbedaan Antara Pertumbuhan Dan Perkembangan:

    1.Pertumbuhan:adalah pertambahan jumlah sel pada suatu organisme dan bersifat tidak dapat kembali (irreversible). Proses ini biasanya diikuti dengan pertambahan bobot tubuh. Pertumbuhan diikuti dengan perkembangan yg merupakan proses saling terkait
    Contohnya : anak kecil yg tumbuh dan berkembang menjadi remaja. Remaja akan tumbuh dan berkembang menjadi dewasa. Setelah menjadi dewasa atau setelah mengalami pubertas, manusia mampu bereproduksi (menghasilkan keturunan)

    2.Perkembangan: adalah proses untuk mencapai kematangan fungsi tubuh suatu organisme
    Contohnya : kemampuan tumbuhan menghasilkan buah dan bunga

    TANGGAL : 16 Juli 2012
    NAMA : Zakaria Achmad
    KELAS :XII-B

    BalasHapus
  28. NAMA : AINUR RAHMANIYAH
    KELAS : XII A
    NO ABS: 02
    TANGGAL 16 JULI 2012, 12.55 WIB

    PERTUMBUHAN~
    pertumbuhan adalah proses bertambahnya ukuran volume bahkan hingga jumlah sel yang bersifat irreversibel, atau tidak dapat kembali ke semula ..
    contohnya adalah pertumbuhan kambium pada tumbuhan dikotil

    PERKEMBANGAN~
    perkembangan adalah Proses menuju tercapainya kedewasaan atau tingkat yang lebih sempurna (kompleks). pada perkembangan ini, Sel-sel tumbuhan akan berdiferensiasi.
    Peristiwa diferensiasi menghasilkan perbedaan yang tampak pada struktur dan fungsi masing-masing organ, sehingga perubahan yang terjadi pada organisme tersebut semakin kompleks. Proses ini berlangsung secara kualitatif dan reversible

    contoh perkembangan pada tumbuhan adalah tumbuhan mangga yang saat masih muda belum bisa berbuah, lalu tumbuh dewasa dan bisa berbuah, lama kelamaan tumbuhan mangga sudah tidak bisa berbuah lagi karena usia tumbuhan sudah tua.

    makasiih bu :)

    BalasHapus
  29. Nama: dedy yoga dwi a
    kelas:XII-A

    Pertumbuhan adalah suatu proses bertambahnya jumlah sel tubuh suatu organisme yang disertai dengan pertambahan ukuran, berat, serta tinggi yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali pada keadaan semula). Pertumbuhan lebih bersifat kuantitatif, dimana suatu organisme yang dulunya kecil menjadi lebih besar seiring dengan pertambahan waktu.

    Contohnya :
    Batang tumbuhan yang tadinya 2 cm menjadi 5 cm
    Bayi yang beratnya 5 kg berubah menjadi 6,5 kg
    Berat tubuh kucing yang tadinya 4 kg menjadi 6 kg
    Ketika kita akan mengukur pertumbuhan tumbuhan ada sebuah alat ukur khusus yang dinamakan auksanometer.

    Perkembangan adalah suatu proses differensiasi, organogenesis dan diakhiri dengan terbentuknya individu baru yang lebih lengkap dan dewasa. Perkembangan lebih bersifat kualitatif, dimana suatu organism yang sebelumnya masih belum matang dalam sistem reproduksinya (dewasa), menjadi lebih dewasa dan matang dalam sistem reproduksinya sehingga dapat melakukan perkembangbiakan.

    Contoh :
    Pematangan sel ovum dan sperma
    Pematangan hormon-hormon dalam tubuh

    BalasHapus
  30. ~,~ Pertumbuhan
    Peristiwa perubahan biologis yang terjadi pada makhluk hidup yang ditandai dengan adanya penambahan ukuran yang bersifat irreversible
    ~ Pertumbuhan dimulai sejak ?
    terjadinya fertilisasi sehingga terbentuk embrio di dalam biji. Setelah itu biji akan berkecambah.
    ~ Perkecambahan adalah ?
    munculnya plumula dan radikula pada biji

    ~,~ Pengertian Perkembangan
    ~ Perkembangan
    Peristiwa perubahan biologis yang terjadi pada makhluk hidup yang ditandai dengan perubahan sifat dan tidak dapat diukur. Pada Tumbuhan ditandai dengan kemampuan tumbuhan menghasilkan gamet, bunga atau buah yang merupakan tanda kedewasaannya.

    FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN

    1. Faktor dalam
    Terdiri :Faktor intraseluler yaitu gen
    Faktor interseluler yaitu hormon

    2. Faktor luar (lingkungan)
    Terdiri dari : Nutrisi
    Cahaya
    Suhu
    Air
    Medium tumbuh

    OKTAVINDA NUGROHO
    XII - B
    24

    BalasHapus
  31. Perbedaan Pertumbuhan dan perkembangan

    Pertumbuhan
    Bertambahnya ukuran seperti panjang, lebar, volume dan massa.
    Bersifat kuantitatif
    Irreversibel (tidak dapat kembali ke keadaan semula)
    Dapat diukur dengan menggunakan alat: auksanometer

    Perkembangan
    Suatu proses menuju kedewasaan (menuju suatu keadaan yang lebih tinggi, lebih teratur dan lebih kompleks)
    Bersifat kualitatif
    Reversibel (dapat kembali ke keadaan semula)
    Tidak dapat diukur

    Contoh cara berkembang biak tumbuhan ialah dengan biji. Kacangmerah, jika dibiarkan beberapa hari, akan tumbuh tunas dan akar calon individu baru.
    Contoh pada gambar berikut :

    http://www.crayonpedia.org/wiki/images/a/ab/Perubahan_M.H_17.jpg

    Nama : Rizal Hizba Muhammad
    Kelas :XII ipa 2
    Absen : 31
    Waktu: 16 Juli 2012

    BalasHapus
  32. Perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan ialah

    Pertumbuhan ialah pertambahan ukuran, baik volume, bobot, jumlah sel, banyaknya protoplasma, dan tingkat kerumitan pada jenis tanaman.

    Perkembangan ialah:proses perubahan bentuk menuju kedewasaan yang di tandai dengan mulai berfungsinya alat-alat perkembangbiakan(morfogenesis), perkembangan tidak dapat diukur karena bukan merupakan besaran



    contohnya:pada tanaman jambu air yg berumur 2 bulan dengan tinggi 50cm setelah mengalami pertumbuhan tanaman tersebut tingginya mencapai 2 meter dan berdaun lebat, bertambahnya sel pada tanaman itu

    sedangkan pada perkembangan tumbuhan jambu air tersebut mampu menghasilkan buah


    Desy Ulandari
    XII-A
    13
    Tanggal: 16 juli 2012

    BalasHapus
  33. pertumbuhan: proses dari organisme muda menuju keadaan yang lebih dewasa (matang secara seksual sehigga dapat melakukan reproduksi), serta bersifat kualitatif (tidak dapat diukur).. contoh: bayi umur 10 bulan menjadi remaja berumur 14 tahun yg bertambah besar ..

    perkembangan: proses dari organisme muda menuju keadaan yang lebih dewasa (matang secara seksual), serta bersifat kualitatif (tidak dapat diukur)dan bersifat reversible (dapat terulang kembali) .. contoh: anak kecil yg bersifat kekanak-kanakan tumbuh menjadi remaja yg dewasa secara fisik maupun pemikiran lalu kembali bersifat kekanak-kanakan ketika beranjak tua ..

    nama: irsyad maulana a
    kelas: XII-1
    absen: 23

    BalasHapus
    Balasan
    1. IRSYAD SAYANG ... COBA KAMU BACA SEKALI LAGI TENTANG PERTUMBUHAN YA....

      Hapus
  34. Pertumbuhan adalah suatu proses pertambahan ukuran, baik volume, bobot, dan jumlah sel yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali ke asal).
    Perkembangan adalah perubahan atau diferensiasi sel menuju keadaan yang lebih dewasa.


    Pertumbuhan dan perkembangan memiliki arti yang sangat penting bagi makhluk hidup. Misalnya pada manusia, dengan tumbuh dan berkembang dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dan melestarikan keturunannya. Sewaktu masih bayi, balita, dan anak kecil, manusia memiliki daya tahan tubuh yang masih lemah sehingga mudah terserang penyakit. Tetapi, setelah tumbuh dan berkembang menjadi dewasa, daya tahan tubuhnya semakin kuat sehingga kelangsungan hidupnya lebih terjamin.

    Arga Iswara
    XII-B
    04
    16 Juli 2012

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Pertumbuhan adalah proses bertambahnya ukuran, volume , berat dan unsur2 lain pembentuk tanaman tersebut yang dapat kita nilai/ukur menggunakan suatu alat contoh: tinggi tanaman menggunakan penggaris . dan juga disebut pertumbuhan secara kuantitatif

    contoh pertumbuhan: pada hari ketiga pertumbuhan tanaman memiliki tinggi 4cm sedangkan pada hari ke-5 tinggi batang bertambah menjadi 7cm

    perkembangan adalah proses bertambahnya kemampuan dalam suatu individu menuju ketingkat dewasa yang di tandai dengan suatu perubahan dan tidak bisa diukur

    contoh: bertambahnya kemampuan seseorang untuk bicara dengan lancaryang mana dulunya pada saat bayi belum bisa berbicara dengan lancar

    Dicki Rianda Perdana
    XII IPA-2
    10
    16 Juli 2012
    8:04 PM

    BalasHapus
  37. PENGERTIAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

    PERTUMBUHAN dapat diartikan peningkatan irreversible, dibagi menjadi 2:

    -Pertumbuhan terbatas, yaitu pertumbuhan sampai ukuran tertentu, kemudian berhenti dan selanjutnya menjadi tua dan akhirnya mati.
    Contoh : daun, bunga, ruas, dan buah
    http://www.youtube.com/watch?v=HE1yYaEemt8

    -Pertumbuhan tak terbatas, merupakan pertumbuhan yang terjadi secara terus menerus selama hidupnya
    Contoh : pucuk batang, ujung akar, dan cambium
    http://www.youtube.com/watch?v=eDA8rmUP5ZM

    PERKEMBANGAN ialah suatu perubahan teratur menuju keadaan yang kompleks dan terjadi selama daur hidup suatu tumbuhan melalui proses pertumbuhan dan diferensiasi
    Contoh : perbedaan rasa pencit dan mangga mana lagi, asem di pencit manis di mangga

    Rimsya A.
    XII-B
    29 atau 30
    16-07-2012

    BalasHapus
  38. Pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran, berat dan hal lain dari suatu organisme, dimana hal-hal tersebut dapat diukur secara kuntitatif.Pertumbuhan juga bersifat irreversible atau tidak dapat balik.
    Contoh: bertambah panjangnya akar kecambah. Misal, pada hari ke-2 sepanjang 1 cm. Kemudian pada hari ke-4 menjadi 3 atau 4 cm.

    Perkembangan adalah proses menuju kedewasaan, dimana dapat diukur secara kualitatif. Perkembangan bersifat reversible atau tidak dapat balik.
    Contoh: pada saat bayi, kita belum dapat berjalan.Dengan bertambahnya usia, kita pun dapat berjalan.

    Farda Aulia
    XII A
    16 Juli 2012; 8:55 PM

    BalasHapus
    Balasan
    1. FARDA COBA CEK KEMBALI YA REVERSIBEL ITU APA ....

      Hapus
  39. PERTUMBUHAN dapat diartikan suatu peningkatan ukuran yang sifatnya tidak dapat balik (irreversible). Selama pertumbuhan terjadi pertambahan jumlah dan ukuran sel. Pertumbuhan dapat di ukur dan dinyatakan secara kuantitatif.
    Parameter yang biasa digunakan pada proses pertumbuhan ialah volume,massa,panjang, lebar, atau tinggi tumbuhan.
    Contoh : tanaman yang awalnya pendek, lama kelamaan akan menjadi lebih tinggi secara bertahap
    PERKEMBANGAN adalah proses menuju tercapainya kedewasaan atau tingkat yang lebih sempurna. Maksudnya, perkembangan ialah suatu perubahan teratur menuju keadaan yang kompleks dan terjadi selama daur hidup suatu tumbuhan melalui proses pertumbuhan dan diferensiasi. Diferensiasi merupakan terjadinya perubahan baik kuantitatif maupun kualitatif di antara sel, jaringan, dan organ pada perkembangan tumbuhan.
    Tinjauan perkembangan lebih ditekankan pada hal-hal yang sifatnya kualitatif seperti ukuran maksimum dan kedewasaan.
    Contoh : pisang yang masih muda, teksturnya keras dan rasanya masam. Lama kelamaan, pisang tersebut akan matang, memiliki tekstur yang lebih lembut, dan manis bila dimakan.

    Oada Rizkiaputri
    XII-B2
    16 Juli 2012

    BalasHapus
  40. Pertumbuhan ialah proses bertambahnya ukuran atau volume serta jumlah sel ; bersifat irreversible yaitu tidak dapat kembali seperti semula ; kuantitatif (dapat diukur).
    contohnya : waktu bayi berat badannya 3,6 kg , ketika diumur 17 tahun berat badannya 43 kg , walaupun berat badan dapat naik turun tetapi tidak dapat kembali ke keadaan berat badan sewaktu bayi. keadaan tersebut dapat berbeda dengan yang lainnya.

    Perkembangan ialah proses menuju keadaan yang dewasa ; bersifat reversibel ; kualitatif (tidak dapat diukur)
    contohnya : seorang anak perempuan berumur 8 tahun belum mengalami masa menstruasi, ketika di umurnya 11 tahun mulai mengalami masa pubertas, ketika sudah mencapai umur 50 tahun dia sudah mengalami masa menopause.

    Nama : Dita Puji Issriza
    Kelas : XII - A
    No.absen : 15
    16.07.2012 9:58 PM

    BalasHapus
  41. Pertumbuhan adalah :

    Peristiwa perubahan biologi yang terjadi pada makhluk hidup yang berupa pertambahan ukuran (volume, massa, dan tinggi) Irreversibel (tidak kembali ke asal) dapat diukur serta dinyatakan secara kuantitatif. Auksanometer adalah Suatu alat untuk mengukur pertumbuhan memanjang suatu tanaman, yang terdiri atas sistem kontrol yang dilengkapi jarum penunjuk pada busur skala atau jarum yang dapat menggaris pada silinder pemutar.

    Contoh: bertambahnya volume,massa,dan tinggi pada tumbuhan.

    Perkembangan adalah:

    Proses menuju tercapainya kedewasaan atau tingkat yang lebih sempurna (kompleks). Sel-sel berdiferensiasi. Peristiwa diferensiasi menghasilkan perbedaan yang tampak pada struktur dan fungsi masing-masing organ, sehingga perubahan yang terjadi pada organisme tersebut semakin kompleks. Proses ini berlangsung secara kualitatif. Irreversible

    Contoh: keluarnya bunga dan buah yg muncul

    TAHAP-TAHAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN

    TAHAP AWAL PERTUMBUHAN

    Mula-mula biji melakukan imbibisi atau penyerapan air sampai ukuran bijinya bertambah dan menjadi lunak. Saat air masuk ke dalam biji, enzim-enzim mulai aktif sehingga menghasilkan berbagai reaksi kimia. Kerja enzim ini antara lain, mengaktifkan metabolisme di dalam biji dengan mensintesis cadangan makanan sebagai persediaan cadangan makanan pada saat perkecambahan berlangsung.

    Oleh: SHAHRO MUTTAQIN
    XII-A
    35
    SMAN 20 SURABAYA

    BalasHapus
  42. Pertumbuhan : perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmani/ fisik dan menunjukkankepada suatu fungsi tertentu yang baru dari organisme/ individu. Pertumbuhan atau growth adalah berkaitan dengan masalah peruabahan dalam besar, jumlah ukuran atau dimensi tingkat sel, oragan maupun individu, yang bisa diukur dengan ukuran berat (gram, pound) ukuran panjang (cm, inchi), umur tulang dan keseimbangan metabolik (retensi kalsium dan hitrogen tubuh).
    Sifat pertumabuhan : 1. Kuantitatif (bisa diukur), maksutnya pertumbuhan dapat diukur seperti mengukur tinggi batang dengan penggaris. 2. Irrevesibel (tidak dapat kembali ke ukuran semula) maksutnya tanaman yang sudah tua tidak dapat kembali jadi muda lagi.
    Contoh pertumbuhan : bertambah tinggi, bertambah berat badan, dan tumbuhnya kelenjar-kelenjar sex.

    Perkembangan : (menuju tingkat kedewasaan) adalah bertambahnya kemampuan (skill) dan dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur sebagai hasil dari proses pematangan. Perkembangan menyangkut adanya proses difrensiasi dari sel-sel tubuh, jaringan tubuh, organ-organ dan sistem organ yang berkembang sedemikian rupa sehingga masing-masing dapat memenuhi fungsinya. Termasuk perkembangan emosi, intelektual, dan tingakah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungan.
    Sifat perkembangan : 1. Kualitatif/ mutu (tidak dapat diukur). 2. Revesibel (dapat kembali ke awal) sifat ini dimiliki oleh manusia, contoh : kemampuan bicara kita akan menurun jika kita mengalami faktor-faktor tetentu. 3. Irrevesibel (tidak dapat kembali ke awal) sifat ini dimiliki oleh tumbuhan.
    contoh perkembangan : kita sekarang sudah bisa makan sendiri, padahal dulu kecil kita masih tidak dapat makan sendiri (harus disuapi oleh mama).
    Munculnya bunga di tanaman.

    Riza kharisma
    XII-B/ 30
    16 Juli 2012

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan .

    -Pertumbuhan : proses pertambahan ukuran (volume, massa dan jumlah sel)dikarenakan adanya pembelahan sel secara mitosis, bersifat kuantitatif (dapat diukur dan dihitung dengan bilangan) dan Irreversible (tidak dapat kembali lagi ke keadaan semula)
    ~alat untuk mengukur pertumbuhan disebut auksanometer .
    *contoh: Pertumbuhan pada tanaman sasevieria yang semula berukuran 30 cm, setelah dirawat selama bermingu-minggu tanaman sansevieria tersebut tumbuh memanjang menjadi 1 meter .

    -Perkembangan: proses menuju kedewasaan pada organisme, bersifat kualitatif dan reversible (dapat kembali lagi ke keadaan semula)
    *contoh: pertumbuhan tanaman membentuk akar, batang dan daun .
    ~note: peristiwa pertumbuhan yang demikian disebut diferensiasi. Peristiwan difersiasi menghasilkan perbedaan yang tampak pada struktur dan fungsi masing-masing organ, sehingga perubahan yang terjadi pada organisme tersebut kompleks . Proses perubahan biologis seperti ini disebut perkembangan. Perkembangan mengarah pada proses menuju kedewasaan organisme .

    contoh gambar perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan, silahkan dilihat:
    http://blog.uad.ac.id/srimaryatun/category/uncategorized/
    http://blog.uad.ac.id/abdillahsyafei/2011/12/30/pertumbuhan-dan-perkembangan/

    FERDIAN ADI RIZKi
    no.absen: 18
    kelas: XII-A

    BalasHapus
  45. 1. PERTUMBUHAN
    Pertumbuhan pada tanaman merupakan proses bertambahnya ukuran dari kecil hingga sampai dewasa yang sifatnya kuantitatif, artinya dapat kita ukur yang dapat dinyatakan dengan suatu bilangan.
    *contohnya yaitu tanaman cabai umur 1 minggu tingginya 5 cm, setelah tumbuh berumur 2 minggu tingginya menjadi 10 cm, setelah mencapai umur 3 minggu tingginya menjadi 15 cm, dan seterusnya.

    2. PERKEMBANGAN
    perkembangan merupakan suatu proses untuk menuju/mencapai kedewasaan pada makhluk hidup yang bersifat kualitatif, artinya tidak dapat dinyatakan dengan suatu bilangan.
    *contohnya selain tumbuh, tanaman cabai juga mengalami perkembangan yang ditandai dengan tanaman menjadi dewasa yaitu dapat menghasilkan biji kembali.


    ISNA OCTAVIAN
    XII-B/21
    16 JULI 2012

    BalasHapus
  46. A. Pertumbuhan
    Perubahan secara kuantitatif selama siklus hidup
    tanaman yang bersifat tak terbalikkan (irreversible). Bertambah besar ataupun bertambah berat tanaman atau bagian tanaman akibat adanya penambahan unsur-unsur struktural yang baru. Peningkatan ukuran tanaman yang tidak akan kembali sebagai akibat pembelahan dan pembesaran sel.
    CONTOH : tinggi bibit pohon mangga yang awalnya 1m setelah diberi pupuk, air, cahaya yang cukup dan dalam waktu yang lama dapat menjadi 50m diukur dengan meteran/penggaris

    B. Perkembangan
    Proses perubahan secara kualitatif atau mengikuti pertumbuhan
    tanaman/bagian-bagiannya. Proses hidup yang terjadi di dalam tanaman yang meliputi pertumbuhan, diferensiasi sel, dan morfogenesis.
    CONTOH : perubahan dari fase vegetatif ke generatif


    FIONORA PRAVITA DEWI
    XII-B/14
    17 JULI 2012

    BalasHapus
  47. Pertumbuhan pada tanaman adalah proses bertambahnya ukuran atau volume dari tubuh tumbuhan tersebut yang sifatnya irreversibel. dimana pertambahan tersebut dikarenakan sel sel yang terus membelah hingga akhirnya tanaman bertambah besar.

    contohnya kunyit yang bertumbuh tunasnya kemudian beberapa hari kemudian berkembang muncul batang dan daunnya.

    perkembangan pada tumbuhan adalah proses pendewasaan atau pematangan fungsi kerja organ atau mulai berfungsinya organ yang baru berdeferensiasi. dan pada tumbuhan proses perkembangan bersifat irreversibel.
    karena setelah berkembang dia tidak akan kembali melainkan akan mati.

    contohnya : tumbuhan mulai berbunga yang artinya mulai berfungsinya organ reproduksi tumbuhan tersebut. dan seperti pohon pisang apabila ia sudah berbuah beberapa kali maka akan mati.

    Devita Rachmat XII-A (13)

    BalasHapus
  48. 1). Pertumbuhan adalah proses kenaikan massa dan volume yang irreversible (tidak kembali ke asal) karena adanya tambahan substansi dan perubahan bentuk yang terjadi selama proses tersebut. Selama pertumbuhan terjadi pertambahan jumlah dan ukuran sel. Pertumbuhan dapat diukur serta dinyatakan secara kuantitatif.
    Contoh : Bertambah tinggi , bertambah ukuran lebar pada suatu tumbuhan .

    2). Perkembangan adalah proses menuju tercapainya kedewasaan atau tingkat yang lebih sempurna. Perkembangan tidak dapat dinyatakan secara kuantitatif. Perkembangan merupakan proses yang berjalan sejajar dengan pertumbuhan.
    Contoh : Berfungsinya organ tumbuhan yang tadinya tidak berfungsi .

    WIDYA RIZKY A. D.
    XII - A / 36
    17 - O7 - 2012

    BalasHapus
  49. TRIMAKASIH SEMUA JAWABAN YANG MASUK SUKSES ...

    BalasHapus
  50. Pertumbuhan adalah proses bertambahnya jumlah sel, ukuran sel, dan volume sel, akibat pembelahan secara mitosis. Bersifat kuantitatif (dapat diukur) dan irreversible (tidak dapat kembali lagi seperti semula)
    Contoh : Bertambahnya tinggi batang pada suatu tumbuhan, dan dapat diukur dengan menggunakan auksanometer.

    Perkembangan adalah proses menuju kedewasaan/maturitas/variasi sel. Dimana sel mengalami pebelahan secara meiosis dan mitosis. Bersifat kualitatif (tidak dapat diukur).
    Contoh : Ditandai dengan terbentuknya bunga pada tumbuhan

    Terima Kasih,

    Nama : Rizka Qotrunnada
    Kelas : XII-A / 32

    17/7/2012

    BalasHapus
  51. Pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran atau volume serta jumlah sel secara irreversibel (tidak dapat kembali ke bentuk semula) dan bersifat kuantitatif (dapat dinyatakan dengan satuan bilangan)
    contohnya: seorang anak yang mengalami pertambahan tinggi dan berat badan umpamanya pada masa bayi hanya beratnya 9 kg atau tingginya 100 cm, karena mengalami pertumbuhan bisa menjadi 20 kg dan 130 cm,dll dan semuanya ini dapat diukur dengan alat ukur.

    sedangkan perkembangan adalah proses menuju kedewasaan, bersifat kualitatif(tidak dapat diukur)
    contohnya: seorang anak kecil dalam usia belum genap 1 tahun hanya bisa mengucapkan satu kata, dua kata karena mengalami proses perkembangan otak, anak tersebut mulai bisa mengucapkan lebih dari satu kata dan terus mengalami perubahan secara terus bertahap dengan pengucapan kata yang lebih sempurna sesuai dengan perkembangan umurnya. Sehingga dapat memperoleh sesuatu yang baru dari perkembangan sebelumnya.

    Terima Kasih...

    Nama: AZALIA FARICA
    KELAS: XII-A / 09

    BalasHapus
  52. Pertumbuhan adalah : Prose bertambahnya ukuran dan berat tetapi tidak dapat balik (ireversible)pertumbuhan dapat diukur secara kuantitatif seperti berat, tinggi..
    Contohnya : Pada tumbuhan Mangga yg ditaman 1tahun lalu, kemudian tumbuhan mannga itu mengalami pertambahan tinggi 200cm, batangnya bercabang banyak..dan pertambahn itu tidak dapat diulangi lagi seperti 1tahun yang lalu..

    Perkembangan : proses perubahan dalam bentuk (morfogenesis) dan bersifat reversible (dapat kembali)
    Contoh : Seorang bayi yg baru lahir tidak dapat melihat dengan jelas, kemudian semakin dewasa semakin dewasa pengeliatan dan saraf matanya berkembang dan dapat melihat dengan jelas..namun semakin tua pengeliatan itu semakin kabur dan tidak jelas seperti waktu bayi yg baru lahir..

    Terimah Kasih..


    Nama : Aysha Reina Kartika Sari
    Kelas : XII-A / 08

    BalasHapus
  53. tanggal : 17 juli 2012
    nama : maryana
    kelas : XII-A
    no. absen : 26

    Pertumbuhan adalah suatu proses bertambahnya ukuran makhluk hidup yang bersifat kuantitatif (dapat dihitung). Proses pertumbuhan dapat dilihat dari bertambahnya tinggi, berat, dan volume tubuh makhluk hidup. Pertambahan-pertambahan ukuran tersebut juga menandai adanya pertambahan jumlah sel dan jaringan tubuh pada makhluk hidup tersebut. Pertumbuhan pada makhluk hidup dapat berlangsung secara permanen, misalnya pada pertambahan tinggi yang hanya bisa bertambah dan tak bisa kembali di keadaan awal lagi. Namun pertumbuhan dapat juga berlangsung secara non-permanen misalnya pada perubahan berat yang bisa naik turun.

    Contoh pertumbuhan:
    1. Bertambahnya tinggi tumbuhan kecambah.
    2. Bertambahnya berat badan.

    Perkembangan (development) adalah proses bertambahnya fungsi dari organ makhluk hidup menjadi lebih kompleks. Atau dengan kata lain, perkembangan adalah proses makhluk hidup menjadi dewasa. Perkembangan ini bersifat kualitatif (tidak dapat dihitung) dan ditandai dengan semakin matangnya sel-sel pada makhluk hidup.

    Contoh perkembangan:
    1. Perkembangan emosi, cara berpikir, dan tingkah laku manusia seiring bertambahnya usia.
    2. Berfungsinya alat-alat reproduksi pada makhluk hidup saat dewasa.

    BalasHapus
  54. Moch Fauzi.. (XII-A) pk.19.23

    Pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang dimulai dari kecil hingga menjadi dewasa. Sepintas jika dilihat antara proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tanaman adalah sama, tetapi sebenarnya mempunyai perbedaan. Tahukan Anda, di mana letak perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan itu?

    Pertumbuhan pada tanaman merupakan proses bertambahnya ukuran dari kecil hingga sampai dewasa yang sifatnya kuantitatif, artinya dapat kita ukur yang dapat dinyatakan dengan suatu bilangan, misalnya pada seperti Gambar di atas yaitu tanaman cabai umur 1 minggu tingginya 5 cm, setelah tumbuh berumur 2 minggu tingginya menjadi 10 cm, setelah mencapai umur 3 minggu tingginya menjadi 15 cm, dan seterusnya. Selain tumbuh, tanaman cabai juga mengalami perkembangan yang ditandai dengan tanaman menjadi dewasa yaitu dapat menghasilkan biji kembali.

    Adapun perkembangan merupakan suatu proses untuk menuju/mencapai kedewasaan pada makhluk hidup yang bersifat kualitatif, artinya tidak dapat dinyatakan dengan suatu bilangan, misalnya sudah seberapa dewasakah suatu makhluk hidup itu? Hal tersebut tidak bisa diukur atau dinyatakan dengan suatu bilangan.

    Dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya ditandai dengan bertambahnya ukuran atau volume pada tubuhnya dan terbentuknya spora. Pada pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan bersel banyak seperti tumbuhan berbiji, misalnya tanaman cabai selain bertambah ukurannya juga ditandai dengan terbentuknya bunga yang mempunyai alat kelamin betina atau putik (pistillum) dan alat kelamin jantan atau benang sari (stamen).

    Dengan demikian, dapat dijelaskan bahwa pertumbuhan adalah suatu proses pertumbuhan ukuran dan volume serta jumlah sel secara irreversibel, yaitu tidak dapat kembali ke bentuk semula. Adapun perkembangan merupakan proses menuju kedewasaan, dan proses ini bersifat kualitatif yang berarti tidak dapat dinyatakan dalam suatu bilangan seperti pada contoh di depan.

    BalasHapus
  55. A. Pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran sel,volume sel,berat,tinggi dan ukuran lainnya yang bisa dinyatakan secara kuantitatif (dapat diukur dan dihitung dengan bilangan).Alat untuk mengukur pertumbuhan pada suatu tanaman disebut auksanometer.
    Contoh:Perubahan tanaman kecil menjadi dewasa dan menghasilkan buah berawal dari satu sel zigot menjadi embrio kemudian menjadi satu individu yang mempunyai akar,batang dan daun.
    B. Perkembangan adalah proses menuju kedewasaan pada organisme.Proses ini berlangsung secara kualitatif.Suatu makhluk hidup dinyatakan telah dewasa jika sel-sel reproduksinya telah berfungsi.
    Contah:Hewan dan manusia dinyatakan dewasa jika telah dapat menghasilkan sel kelamin,sedangkan tumbuhan dikatakan dewasa jika telah dapat menghasilkan bunga.

    Nama:Hesti ayu rokhmawati
    Kelas:XII-A/22

    BalasHapus
    Balasan
    1. sel kelamin sudah ada sejak embrio sayangku .....

      Hapus
  56. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  57. Nama : Fransisca Henrika M W
    Kelas: XII-B/18

    Pertumbuhan adalah proses pertumbuhan volume yang irreversible (tidak dapat balik) karena adanya pembelahan mitosis atau pembesaran sel; dapat pula disebabkan oleh keduanya. Atau pertumbuhan adalah bertambah besarnya suatu individu akibat pembelahan mitosis dan penambahan materi.
    Contoh : Bertumbuhnya batang tanaman yang dapat diukur dengan busur pertumbuhan atau auksanometer.
    Perkembangan adalah terspesialisasinya sel - sel menjadi struktur dan fungsi tertentu atau diferensiasi sel membentuk struktur dan fungsi tertentu.
    Contoh : Perubahan bentuk dari biji menjadi tanaman dewasa (hal ini tidak dapat dinyatakan dengan ukuran, tetapi dengan tingkat kedewasaan).

    BalasHapus
  58. Pengertian Pertumbuhan :

    Pertumbuhan adalah Perubahan alamiah secara kuantitatif pada segi jasmaniah / fisik dan menunjukkan kepada suatu fungsi tertentu yang baru dari organisme/ individu.
    Pertumbuhan ( Growth ) adalah berkaitan dangan masalah perubahan dalam besar, jumlah ukuran atau dimensi tingkat sel, organ maupun individu, yang bisa diukur dengan ukuran berat ( gram, pound ) ukuran panjang ( cm, inchi ), umur tulang dan keseimbangan metabolik ( retensi kalsium dan nitrogen tubuh).

    Contoh : Bertambah tinggi, bertambah berat badan dan tumbuhnya kelenjar-kelenjar sex

    Pengertian Perkembangan :

    Perkembangan ( Development ) adalah bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan, sebagai hasil dari proses pematangan. Perkembangan menyangkut adaanya proses difrensiasi dari sel-sel tubuh, jaringan tubuh, organ-organ dan sistem organ yang berkembang sedemikian rupa sehingga masing-masing dapat memenuhi fungsinya. Termasuk perkemabngan emosi, intelektual dan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungan.

    Perkembangan disini di artikan sebagai perubahan yang dialami oleh individu atau oganisme menuju tingkat kedewasaannya (matury) yang berlangsung secara sistematis, progresif, dan berkesinambungan baik fisik maupun psikis.

    Pertumbuhan dan perkembangan berjalan menurut norma-norma tertentu, walaupun demikian seorang anak dalam banyak hal tergantung kepada orang dewasa misalnya mengenai makanan, perawatan, bimbingan, perasaan aman, pencegahan penyakit dsb. Oleh karena itu semua orang yang mendapat tugas untuk mengawasi anak harus mengerti persoalan anak yang sedang tumbuh dan berkembang.

    Contoh : Sikap perasaan dan emosi, minat, cita-cita dan kepribadian


    nama : Alverda Aufarisza
    kelas : XII-B / 03

    BalasHapus
  59. NAMA : MADE NOVI ANDANI BRAHMARANI
    KELAS : X11-B
    NO ABSEN :22
    TANGGAL : 17 JULI 2012


    1) Pertumbuhan adalah suatu proses pertambahan ukuran,massa, baik volume, dan jumlah sel yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali keadaan semula) dan kuantitatif (dapat di ukur dengan menggunakan alat yang dapat kita disebut dengan auksanometer)
    -contoh pertumbuhan yaitu perubahan pertumbuhan yang memanjang baik yang terjadi pada ujung akar maupun ujung batang


    2) Perkembangan adalah perubahan menuju suatu keadaan yang lebih kompleks atau diferensiasi sel menuju kedewasa dimana mulai berfungsinya organ-organ tubuh tertentu yang bersifat reversibel (dapat kembali ke semula) dan kualitatif (tidak dapat di ukur)
    -contoh perkembangan yaitu bayi yang masi belum bisa jalan menjadi bisa jalan, anak berumur 2tahun belum bisa minum susu sendiri jadi bisa minum susu sendiri,dll

    Terimah Kasih

    BalasHapus
  60. Pertumbuhan adalah :

    Peristiwa perubahan biologi yang terjadi pada makhluk hidup yang berupa pertambahan ukuran (volume, massa, dan tinggi)
    Irreversibel (tidak kembali ke asal)
    dapat diukur serta dinyatakan secara kuantitatif.
    contoh : bertambah tingginya pohon mangga

    Perkembangan adalah:

    Proses menuju tercapainya kedewasaan atau tingkat yang lebih sempurna (kompleks).
    Sel-sel berdiferensiasi.
    Peristiwa diferensiasi menghasilkan perubahan yang terjadi dari keadaan sejumlah sel, membentuk organ-organ yang mempunyai struktur dan fungsi yang berbeda.
    Proses ini berlangsung secara kualitatif.
    Irreversible
    contoh : tumbuhnya bunga pada buah tumbuhan

    nama : sarah bambang
    kelas : XII-B

    BalasHapus
  61. Pertumbuhan adalah suatu proses bertambahnya jumlah sel tubuh suatu organisme yang disertai dengan pertambahan ukuran, berat, serta tinggi yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali pada keadaan semula). Pertumbuhan lebih bersifat kuantitatif, dimana suatu organisme yang dulunya kecil menjadi lebih besar seiring dengan pertambahan waktu.
    Contohnya :
    panjang tubuh bayi yang awalnya 50 cm menjadi 75 cm
    Bayi yang beratnya 4 kg berubah menjadi 6,5 kg

    Perkembangan adalah suatu proses differensiasi, organogenesis dan diakhiri dengan terbentuknya individu baru yang lebih lengkap dan dewasa. Perkembangan lebih bersifat kualitatif, dimana suatu organism yang sebelumnya masih belum matang dalam sistem reproduksinya (dewasa), menjadi lebih dewasa dan matang dalam sistem reproduksinya sehingga dapat melakukan perkembangbiakan.
    Contohnya :
    Seorang bayi yang mulanya belum bisa berjalan dan berbicara lama kelamaan akan bisa dengan sendirinya, sifat ke kanak-kanakan pada manusia akan berubah menjadi ke sifat yang dewasa pada usia remaja .


    Nama : Reza Syahputera Santoso
    kls : XII-A /32
    tgl : 17 juli 2012

    BalasHapus
  62. Aurora Sribhuana Putri
    XII-A / 06

    a. Pertumbuhan adalah suatu proses fisiologi yang ditandai dengan bertambahnya jumlah sel tubuh suatu organisme yang bersifat irreversible (tidak bisa mengecil lagi). Pertumbuhan ini lebih bersifat kuantitatif, dimana suatu organisme-organisme yang dulunya kecil menjadi besar dengan seiring pertambahan waktu.

    Contohnya :
    -Pada tumbuhan 1 sel terjadi penambahan besar sel, sedangkan pada tumbuhan multiseluler terjadi pembesaran sel maupun penambahan ukuran sel.
    -Bertambahnya volume,massa,dan tinggi pada tumbuhan.

    b. Perkembangan adalah suatu proses perubahan yang terjadi selama masa pertumbuhan yang bertujuan untuk mencapai kedewasaan/maturitas. Maturitas yaitu tidak bisa diukur secara kuantitatif, tetapi bisa dilihat dari ciri-ciri yang ada. Perkembangan ini bersifat kualitatif, dimana suatu organisme yang sebelumnya belum matang dalam sistem reproduksinya (dewasa), sekarang menjadi lebih dewasa dan matang dalam sistem reproduksinya sehingga dapat melakukan perkembangbiakan.

    Contohnya :
    -Ditandai dengan adanya batang yang tinggi, daun yang bertambah banyak, lalu adanya biji-biji kecil dan terbentuknya bunga/buah pada tumbuhan.

    BalasHapus
  63. Nama : Ateng Jailani
    Kelas : XII - IPA A /05

    PERTUMBUHAN merupakan proses bertambahnya ukuran tubuh yang meliputi tinggi, berat, dan volume tubuh yang bersifat ireversibel(tak dapat kembali ke bentuk semula).
    Sebagai contoh : pertambahan tinggi tanaman, pertambahan berat sapi, tubuh anak-anak bertambah besar ketika menginjak remaja dan lain sebagainya. Pertumbuhan bersifat kualitatif/punya nilai yang dapat diukur dalam angka.

    Selama hidupnya makhluk hidup selain mengalami pertumbuhan juga mengalami perkembangan.

    PERKEMBANGAN merupakan proses biologis makhluk hidup menuju tingkat kedewasaan, dapat berupa perubahan bentuk, susunan dan fungsi organ-organ tubuh menuju kedewasaan/kesempurnaan. Sebagai contoh : perubahan biji menjadi kecambah, perubahan telur menjadi anak ayam, pohon mangga berbunga. Dalam perubahan tersebut perbedaan ukurannya tidak terlalu besar/mencolok namun terjadi perubahan besar yang tidak dapat diukur berupa perubahan bentuk.
    contoh : tumbuhan yang sudah dewasa dapat menghasilkan buah/bunga.

    Proses perkembangan yang sudah memasuki tahap akhir salah satu cirinya adalah kematangan organ-organ reproduksi. Pada tumbuhan hal ini dapat diamati dengan jelas yakni dengan munculnya bunga pada tumbuhan yang telah dewasa.

    BalasHapus
  64. Pertumbuhan yaitu suatu proses dimana tumbuhan mengalami pertambahan ukuran, berat, serta tinggi yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali pada keadaan semula).Pertumbuhan lebih bersifat kuantitatif, dimana suatu organisme yang dulunya kecil menjadi lebih besar seiring dengan pertambahan waktu. Pertumbuhan pada tumbuhan terjadi di meristem (titik tumbuh) yang terdapat pada ujng akar dan batang. Meristem akan mengalami pembelahan mitosis.
    Pertumbuhan disebabkan oleh pertambahan besar dan panjang sel-sel itu sendiri. Pada batang terdapat dua jenis tunas, yaitu tunas yang letaknya di ujung batang yang disebut tunas terminal dan mengandung meristem apikal, serta tunas samping yang nantinya membentuk cabang batang, daun, dan bunga.
    Macam-macam pertumbuhan pada tumbuhan,yaitu:
    1) Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang memanjang baik yang terjadi pada ujung akar maupun ujung batang. Pertumbuhan primer dapat diukur secara kuantitatif yaitu dengan menggunakan alat auksanometer .

    Pertumbuhan primer pada ujung akar dan ujung batang dapat dibedakan menjadi 3 daerah yaitu:
    a. Daerah pembelahan sel, terdapat di bagian ujung akar. Sel-sel di daerah ini aktif membelah (bersifat meristematik)
    b. Daerah perpanjangan sel, terleatak di belakang daerah pembelahan. Sel-sel di daerah inimemiliki kemampuan untuk membesar dan memanjang.
    c. Daerah diferensiasi sel, merupakan daerah yang sel-selnya berdiferensiasi menjadi sel-sel yang mempunyai fungsi dan struktur khusus
    2) Pertumbuhan sekunder adalah pertumbuhan yang dapat menambah diameter batang. Pertumbuhan sekunder merupakan aktivitas sel-sel meristem sekunder yaitu kambium dan kambium gabus. Pertumbuhan ini dijumpai pada tumbuhan dikotil.
    Faktor-faktor yang mempengaruhi Pertumbuhan pada tumbuhan
    a. Faktor eksternal/lingkungan: faktor ini merupakan faktor luar yang erat sekali hubungannya dengan proses pertumbuhan dan perkembangan. Beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan adalah sebagai berikut.
    Air dan mineral
    Kelembaban.
    Suhu
    Cahaya

    b. Faktor internal: faktor yang melibatkan hormon dan gen yang akan mengontrol pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
    Macam-macam hormon pada tumbuhan:
    Auksin
    Giberelin
    Sitokinin
    Gas Etilen
    Asam Absisat
    Kalin
    Contoh : Batang tumbuhan yang tadinya 2 cm menjadi 5 cm

    Perkembangan yaitu proses dimana tumbuhan menuju kedewasaan (menuju suatu keadaan yang lebih tinggi, lebih teratur dan lebih kompleks) pada jaringan dan organ tumbuhan untuk mendukung kehidupannya. Pada tumbuhan, perkembangan menghasilkan bermacam - macam jaringan dan organ tumbuhan.
    Perkembangan pada tumbuhan diawali dengan fertilisasi. Pada awal perkembangannya, embrio mendapatkan makanan dari kotiledon. Kotiledon terdapat pada biji tumbuhan tingkat tinggi. Tumbuhan dikotil memiliki dua kotiledon, sedangkan monokotil memiliki satu kotiledon. Pertumbuhan awal tumbuhan dari biji menjadi tanaman baru disebut perkecambahan. Berdasarkan letak kotiledonnya, perkecambahan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu epigeal dan hipogeal.
    a. Pada perkecambahan epigeal, kotiledon terdapat di permukaan tanah karena terdorong oleh pertumbuhan hipokotil yang memanjang ke atas.
    b. Pada perkecambahan hipogeal, kotiledon tetap berada di bawah tanah, sedangkan plumula keluar dari permukaan tanah disebabkan pertumbuhan epikotil yang memanjang ke arah atas.
    Contoh : semakin kompleks dan lengkap semua fungsi dari jaringan organ tumbuhan untuk mendukung hidupnya. Misalnya semakin tumbuh tumbuhan semakin banyak dan berat organ – organ bekerja dan dibutuhkan untuk kelangsungan hidupnya. Jadi organ tersebut dihasilkan dari prroses perkembangan seiring semakin dewasanya umur tumbuhan.

    ALDO SIRENA
    XII – A / 03
    SMAN 20 SURABAYA

    BalasHapus
  65. Pertumbuhan adalah suatu proses bertambahnya jumlah sel tubuh suatu organisme yang disertai dengan pertambahan ukuran, berat, serta tinggi yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali pada keadaan semula). Pertumbuhan lebih bersifat kuantitatif, dimana suatu organisme yang dulunya kecil menjadi lebih besar seiring dengan pertambahan waktu.

    Contohnya :
    Batang tumbuhan yang tadinya 2 cm menjadi 5 cm

    Perkembangan adalah suatu proses differensiasi, organogenesis dan diakhiri dengan terbentuknya individu baru yang lebih lengkap dan dewasa. Perkembangan lebih bersifat kualitatif, dimana suatu organism yang sebelumnya masih belum matang dalam sistem reproduksinya (dewasa), menjadi lebih dewasa dan matang dalam sistem reproduksinya sehingga dapat melakukan perkembangbiakan.

    Contoh :pohon mangga yang berbunga/berbuah

    heny wanita wigati
    XII-A/22

    BalasHapus
  66. NAMA : M. NIZAR
    KELAS : XII-A
    NO.ABSEN:25
    TANGGAL : 18 JULI 2012
    SMA NEGERI 20 SURABAY

    A). PERTUMBUHAN
    Adalah peristiwa perubahan biologi yang terjadi pada makhluk hidup, berupa pertambahan ukuran ( volume,massa dan tinggi )yang bersifat irreversibel dan perubahannya dapat diukur.
    ****CONTOH****
    - Perubahan tanaman kecil menjadi tanaman dewasa dan menghasilkan buah berawal dari satu sel zigot menjadi embrio, kemudian menjadi satu individu yang mempunyai akar, batang dan daun.
    B). PERKEMBANGAN
    Adalah perubahan yang terjadi selama masa pertumbuhan menuju pada satu proses kedewasaan sehingga terbentuk organ-organ yang mempunyai struktur dan fungsi yang berbeda. proses perubahannya dalam bentuk (morfogenesis)dan perkembangan tidak dapat dinyatakan dalam besaran angka dan sekaligus perkembangan bersifat reversibel(bisa kembali kesemula)
    ***CONTOH***
    - Pada manusia contohnya ketika waktu balita daya ingatnya masih rendah. ketika menuju masa remaja daya ingat seseorang akan sangat kuat. dan menuju pada masa tua daya ingat seseorang akan kembali seperti waktu anak-anak.
    SEKIAN
    SEMOGA SUKSES

    BalasHapus
  67. Pertumbuhan pada tanaman merupakan proses bertambahnya ukuran dari kecil hingga sampai dewasa yang sifatnya kuantitatif, artinya dapat kita ukur yang dapat dinyatakan dengan suatu bilangan, misalnya yaitu tanaman cabai umur 1 minggu tingginya 5 cm, setelah tumbuh berumur 2 minggu tingginya menjadi 10 cm, setelah mencapai umur 3 minggu tingginya menjadi 15 cm, dan seterusnya. Selain tumbuh, tanaman cabai juga mengalami perkembangan yang ditandai dengan tanaman menjadi dewasa yaitu dapat menghasilkan biji kembali.

    Adapun perkembangan merupakan suatu proses untuk menuju/mencapai kedewasaan pada makhluk hidup yang bersifat kualitatif, artinya tidak dapat dinyatakan dengan suatu bilangan, Hal tersebut tidak bisa diukur atau dinyatakan dengan suatu bilangan.
    contoh tumbuhan yang berbunga dan berbuah

    BalasHapus
  68. ROSA INAYAH
    XII-A / 34

    Pertumbuhan: suatu proses bertambahnya jumlah sel tubuh suatu organisme yg disertai dengan bertambanya tinggi,ukuran,berat dan bersifat irrevelsible. Dan dapat di ukur dengan alat auksanometer.
    contoh: bertambahnya berat badan

    Perkembangan: perubahan yg terjadi selama masa pertumbuhan menuju pada suatu proses kedewasaan, sehingga mempunyai struktur dan fungsi yg berbeda-beda.
    contoh: hormon-hormon yg berada di dalam tubuh mengalami pematangan.

    BalasHapus
  69. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  70. Pertumbuhan adalah:
    • Peristiwa perubahan biologi yang terjadi pada makhluk hidup yang berupa pertambahan ukuran (volume, massa, dan tinggi)
    • Irreversibel (tidak kembali ke asal)
    • Dapat diukur serta dinyatakan secara kuantitatif (dapat diukur).
    • Auksanometer adalah Suatu alat untuk mengukur pertumbuhan memanjang suatu tanaman, yang terdiri atas system kontrol yang dilengkapi jarum penunjuk pada busur skala atau jarum yang dapat menggaris pada silinder pemutar.
    Contoh Pertumbuhan : bertambah tingginya batang, lebatnya daun, tumbuhnya buah

    Perkembangan adalah :
    • Proses menuju tercapainya kedewasaan atau tingkat yang lebih sempurna (kompleks).
    • Sel-sel berdiferensiasi.
    • Proses ini berlangsung secara kualitatif (tidak dapat diukur).
    • Reversible (dapat kembali ke asal)
    Contoh Perkembangan : ditandai dengan berfungsinya alat reproduksi pada tumbuhan (putik dan benang sari)

    Nama : Fitri Adi Astuti
    Kelas : XII-A
    No : 19

    18/07/12

    BalasHapus
  71. Pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang dimulai dari kecil hingga menjadi dewasa. Sepintas jika dilihat antara proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tanaman adalah sama, tetapi sebenarnya mempunyai perbedaan.

    -Pertumbuhan adalah suatu proses bertambahnya jumlah sel tubuh suatu organisme yang disertai dengan pertambahan ukuran, berat, serta tinggi yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali pada keadaan semula). Pertumbuhan lebih bersifat kuantitatif, dimana suatu organisme yang dulunya kecil menjadi lebih besar seiring dengan pertambahan waktu.

    Contohnya :
    -Batang tumbuhan yang tadinya 2 cm menjadi 5 cm
    -Tanaman cabai umur 1 minggu tingginya 5 cm, setelah tumbuh berumur 2 minggu tingginya menjadi 10 cm, setelah mencapai umur 3 minggu tingginya menjadi 15 cm, dan seterusnya.


    -Perkembangan adalah suatu proses differensiasi, organogenesis dan diakhiri dengan terbentuknya individu baru yang lebih lengkap dan dewasa. Perkembangan lebih bersifat kualitatif, dimana suatu organism yang sebelumnya masih belum matang dalam sistem reproduksinya (dewasa), menjadi lebih dewasa dan matang dalam sistem reproduksinya sehingga dapat melakukan perkembangbiakan.
    tidak bisa diukur atau dinyatakan dengan suatu bilangan.

    contoh : bertumbuhnya bunga pada tanaman
    -Menghasilkan biji pada tanaman cabai

    NAMA : NINIK YUSIKA
    KELAS : XII A
    NO.ABS : 28

    BalasHapus
  72. PERBEDAAN ERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TANAMAN :

    Pertumbuhan adalah Bertambahnya ukuran seperti panjang, lebar, volume dan massa.
    Bersifat kuantitatif
    Irreversibel (tidak dapat kembali ke keadaan semula)
    Dapat diukur dengan menggunakan alat: auksanometer

    Pertumbuhan pada tumbuhan dipengaruhi oleh factor eksternal maupun factor internal. Faktor eksternal dapat berupa cahaya matahari, temperature, kelembapan, pH medium, tanah dan unsure hara.

    Perkembangan adalah Suatu proses menuju kedewasaan (menuju suatu keadaan yang lebih tinggi, lebih teratur dan lebih kompleks)
    Bersifat kualitatif
    Reversibel (dapat kembali ke keadaan semula)
    Tidak dapat diukur


    * Contoh Pertumbuhan pada tanaman : tanaman kecambah yang awalnya ditanam berupa biji kacang hijau pada hari pertama akan terlihat berbeda pada tinggi batang, jumlah daun nya pada hari ke 14, hari ke 21 dan seterusnya.

    * Contoh Perkembangan pada tanaman : pada tanaman perkecambahan ;
    Pembelahan sel (cleavage) : Jumlah bertambah banyak
    Spesialisasi: sel-sel yang sejenis berkelompok
    Diferensiasi sel : Sel-sel mengalami perbedaan bentuk dan fungsi
    Organogenesis sel: proses pembentukkan organ-organ tumbuhan
    Morfogenesis sel: Organ satu dengan yang yang lain memiliki kekhususan dalam bentuk dan fungsi
    Perkecambahan; proses pertumbuhan biji menjadi makhluk hidup baru



    NAME : AVIEF ZAKAWALY
    CLASS : XII-A
    NO ABSENT : 07

    BalasHapus
  73. TRIMAKASIH SAYANG ATAS JAWABANYA ............. SUKSES YA ......19/JULI
    BU INDRI

    BalasHapus
  74. PERTUMBUHAN adalah suatu proses bertambahnya jumlah sel tubuh pada suatu organisme sehingga adanya tanda dengan pertambahan berat, ukuran, serta tinggi yang tidak dapat kembali pada keadaan semula hal ini disebut irreversible. PERTUMBUHAN dapat diukur secara kuantitatif, yang mana suatu organisme yang dulunya kecil menjadi lebih besar seiring dengan berjalannya waktu dan pertambahan sel tubuh organisme tersebut.

    Contohnya :
    Minggu ke-1 tanaman Capsicum annum L. memiliki tinggi 15 cm, setelah minggu ke-2 tinggi tanaman tersebut menjadi 20 cm dan seterusnya.


    PERKEMBANGAN adalah suatu proses organogenesis pada suatu individu organisme dan diakhiri dengan terbentuknya individu baru yang lebih kompleks.
    PERKEMBANGAN lebih bersifat kualitatif, dimana suatu organisme yang sebelumnya masih belum kompleks dan matang dalam sistem reproduksi, respirasi, pencernaan, dll. menjadi lebih kompleks dan matang dalam sistem-sistem tersebut sehingga dapat melakukan perkembangbiakan.

    contoh : semakin tua tanaman dikotil semakin tebal lingkaran taon (kambium) yang terbentuk.

    DAVID SUHARTONO
    XII-A/10

    BalasHapus
  75. Pertumbuhan dan Perkembangan
    • Pertumbuhan adalah perubahan yang terjadi pada makhluk hidup yang meliputi penambahan ukuran tubuh
    • Perkembangan adalah proses untuk mencapai kematangan fungsi tubuh suatau organisme
    • Perkembangan bakal biji menjadi biji yang mengandung embrio dan endosperm
    • Perkembangan bakal buah menjadi buah yang melindungi biji
    • Perkecambahan pada tumbuhan dibedakan menjadi dua macam:
    o Epigeal
     Ditandai dengan hipokotil terangkat ke atas permukaan tanah
    o Hipogeal
     Ditandai dengan terbentuknya bakal batang dan muncul ke atas permukaan tanah dan hipokotil tetap berada di dalam tanah.

    • Pertumbuhan dikelompokkan menjadi dua; (1) pertumbuhan primer: merupakan pertumbuhan hasil pembelahan sel-sel pada jaringan meristem primer. (2) pertumbuhan sekunder: merupakan pertumbuhan hasil aktivitas jaringan meristem sekunder berupa kambium dan kambium gabus
    • Pertumbuhan primer adalah: pertambahan panjang batang dan akar sebagai akibat aktivitas sel-sel meristem pada titik tumbuh batang dan akar. Sedangkan pertumbuhan sekunder adalah pertambahan diameter batang sebagai akibat aktivitas meristem yang terdapa pada kambium.
    • Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dipengaruhi oleh faktor internal, yaitu: genetis dan fisiologis (hormon dan vitamin). Faktor eksternal meliputi: temperatur, cahaya, air, pH, oksigen, dan nutrisi.
    Beberapa contoh hormon pada tumbuhan:
    • Auksin  memacu proses pemanjangan sel.
    • Giberilin  merangsang perkembangan dan perkecambahan embrio
    • Etilen  pematangan buah dna kerontokan daun
    • Sitokinin  berperan dalam proses pembelahan sel (sitokinesis)
    • Asam absisat  berperan dalam proses penuaan dan gugur daun
    • Kalin  berperan dalam proses organogenesis. Kalin dibagi beberapa jenis (Rhizokalin: pembentukan akar, Kaulokalin: pembentukan batang, Filokalin: pembentukan daun, Antokalin: pembentukan bunga)
    • Asam traumalin  berperan dalam proses regenerasi sel apabila tumbuhan meengalami kerusakan jaringan.
    • Gambar bagian biji tumbuhan dikotil:


    Posted by Youth Vision

    BalasHapus
  76. Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan- Pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang dimulai dari kecil hingga menjadi dewasa. Sepintas jika dilihat antara proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tanaman adalah sama, tetapi sebenarnya mempunyai perbedaan. Tahukan Anda, di mana letak perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan itu?

    perumbuhan perkembangan

    Contoh perbedaan ketinggian pada tanaman

    Pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang dimulai dari kecil hingga menjadi dewasa. Sepintas jika dilihat antara proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tanaman adalah sama, tetapi sebenarnya mempunyai perbedaan. Tahukan Anda, di mana letak perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan itu?

    Pertumbuhan pada tanaman merupakan proses bertambahnya ukuran dari kecil hingga sampai dewasa yang sifatnya kuantitatif, artinya dapat kita ukur yang dapat dinyatakan dengan suatu bilangan, misalnya pada seperti Gambar di atas yaitu tanaman cabai umur 1 minggu tingginya 5 cm, setelah tumbuh berumur 2 minggu tingginya menjadi 10 cm, setelah mencapai umur 3 minggu tingginya menjadi 15 cm, dan seterusnya. Selain tumbuh, tanaman cabai juga mengalami perkembangan yang ditandai dengan tanaman menjadi dewasa yaitu dapat menghasilkan biji kembali.

    Adapun perkembangan merupakan suatu proses untuk menuju/mencapai kedewasaan pada makhluk hidup yang bersifat kualitatif, artinya tidak dapat dinyatakan dengan suatu bilangan, misalnya sudah seberapa dewasakah suatu makhluk hidup itu? Hal tersebut tidak bisa diukur atau dinyatakan dengan suatu bilangan.

    Dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya ditandai dengan bertambahnya ukuran atau volume pada tubuhnya dan terbentuknya spora. Pada pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan bersel banyak seperti tumbuhan berbiji, misalnya tanaman cabai selain bertambah ukurannya juga ditandai dengan terbentuknya bunga yang mempunyai alat kelamin betina atau putik (pistillum) dan alat kelamin jantan atau benang sari (stamen).

    Dengan demikian, dapat dijelaskan bahwa pertumbuhan adalah suatu proses pertumbuhan ukuran dan volume serta jumlah sel secara irreversibel, yaitu tidak dapat kembali ke bentuk semula. Adapun perkembangan merupakan proses menuju kedewasaan, dan proses ini bersifat kualitatif yang berarti tidak dapat dinyatakan dalam suatu bilangan seperti pada contoh di depan.

    23 juli 2012
    Idham Hawari
    XII-B/19

    BalasHapus
  77. maaf bu baru posting comment karena baru bisa buka blog saya kembali

    Pertumbuhan dan perkembangan suatu makhluk hidup harus berjalan sejajar dan seimbang. Jika pertumbuhan berjalan cepat dan tidak diikuti dengan perkembangannya, maka dapat menimbulkan ketidakseimbangan atau ketidakharmonisan dari fungsi organ-organ tubuh. Misalnya tumbuhan yang tumbuh terlindung oleh tanaman lain, maka tumbuhan tersebut akan menunjukkan pertumbuhan yang cepat, yang melebihi pertumbuhan normal. Peristiwa tersebut menunjukkan adanya ketidakseimbangan antara pertumbuhan dan perkembangannya.

    Pertumbuhan dan perkembangan memiliki arti yang sangat penting bagi makhluk hidup. Misalnya pada manusia, dengan tumbuh dan berkembang dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dan melestarikan keturunannya. Sewaktu masih bayi, balita, dan anak kecil, manusia memiliki daya tahan tubuh yang masih lemah sehingga mudah terserang penyakit. Tetapi, setelah tumbuh dan berkembang menjadi dewasa, daya tahan tubuhnya semakin kuat sehingga kelangsungan hidupnya lebih terjamin.

    Berikut beberapa Pengertian Pertumbuhan Makhluk Hidup dan beberapa definisi perkembangan makhluk hidup :

    Pertumbuhan adalah suatu proses pertambahan ukuran, baik volume, bobot, dan jumlah sel yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali ke asal).
    Pertumbuhan adalah suatu peristiwa perubahan ukuran yang bersifat irreversibel, yang berarti tidak bisa berubah kembali ke bentuk asalnya. Hal ini disebabkan adanya tambahan substansi dan perubahan bentuk selama proses pertumbuhan berlangsung. Perubahan ukuran pada pertumbuhan adalah perubahan ukuran yang terjadi, baik volume, masa, tinggi, dan lainlain.
    Perkembangan adalah perubahan atau diferensiasi sel menuju keadaan yang lebih dewasa.
    Perkembangan dapat diartikan ”sebagai proses menuju ke arah kedewasaan” atau tingkat kesempurnaan. Hanya perkembangan tidak dapat diukur seperti pada pertumbuhan maka tidak dapat dinyatakan secara kuantitatif, melainkan dinyatakan secara kualitatif.

    Berdasarkan definisi pertumbuhan dan definisi perkembangan makhluk hidup di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa antara pertumbuhan dan perkembangan dapat dibedakan berdasarkan perubahan ukuran yang terjadi pada makhluk hidup. Jadi, pertumbuhan dan perkembangan selalu seiring sejalan dan tidak bisa dipisahkan.

    Setiap makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan dengan melalui tahapan-tahapan, mulai dari satu sel sampai menjadi organisme.

    Jika tidak terjadi pertumbuhan dan perkembangan pada manusia, Mungkin populasi manusia akan punah. Begitu juga dengan hewan dan tumbuhan. Jika hewan dan tumbuhan tidak mengalami pertumbuhan dan perkembangan, maka juga akan mengalami kepunahan.

    25Juli2012
    Dinda Ramawati
    XII-A/14

    BalasHapus