RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : SMA NEGERI 20
Mata pelajaran : BIOLOGI
Kelas/semester : XII / GANJIL
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar
kompetensi : 3 Memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta
impilkasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar : 3.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan
pewarisan sifat
Indikator:
- Menjelaskan tahap –tahap persiapan pembelahan sel
- Menjelaskan tahap- tahap mitosis
- Mengidentifikasi ciri-ciri dari tahapan mitosis
- menganalisa fungsi pembelahan mitosis
Karakter yang ingin di bentuk ;
cermat
Rasa ingin tahu
Kerja sama
Pertemuan 1
Tujuan pembelajaran :
-
Setelah
membaca literatur siswa dapat menjelaskan tahap-tahap persiapan pembelahan sel
-
Setelah
membaca literatur dan menyaksikan animasi tahap-tahap pembelahan mitosis secara cermat siswa dapat megindetifikasi
ciri-ciri tiap tahap pembelahan mitosis.
-
Setelah
membaca literatur siswa dapat mejelaskan
tempat terjadinya pembelahan mitosis
-
Setelah
menyaksikan animasi tahap-tahap mitosis siswa dapat mejelaskan hasil sel anakan
dan sifat kromosom sel anakan dalam kerja sama kelompok
-
Setelah
diberikan suatu kasus siswa dapat
menganalisa fungsi pembelahan mitosis dengan
penuh rasa ingin tahu
Model pembelajaran : Kooperatif
Metode : Team
Game Tournament ( TGT)
Materi :
Mitosis adalah pembelahan sel untuk tujuan
memperbannyak diri yang terjadi pada sel
tubuh.
Tahap-tahap mitosis : profase, metafase, anafase,
telofase
Langkah- langkah pembelajaran
Kegiatan awal 5 menit
kegiatan
|
Guru
mengecek kehadiran siswa
Eksplorasi
Guru
memotivasi siswa dengan menanyakan
“mengapa kita semua dulu bayi dengan tinggi badan 55 cm sekarang
menjadi 160 cm”?
harapanguru
siswa menjawab “karena tumbuh ,karena bertambah jumlah selnya”
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran ( fase 1 menyampaikan tujuan dan memotivasi
siswa
|
Kegiatan inti
75 menit
kegiatan
|
Guru menjelaskan secara singkat pembelahan mitosis dengan
menunjukkan animasi mitosis dan siswa diminta memperhatikan dengan cermat ( fase 2 menyajikan informasi)
Guru
membagi kelas dalam kelompok (
anggota-4 orang)
Guru
membagikan lembar kerja siswa
( Elaborasi)
Guru
menugaskan tiap kelompok ( kerja sama) untuk mengerjakan LKS dengan membaca buku biologi
tentang reproduksi sel dan mengamati gambar di buku dengan cermat
dan teliti sehingga semua anggota kelompok memahami mitosis ( fase3/ mengorganisasi siswa untuk
belajar)
Guru
membimbing siswa dalam belajar, dalam mengamati gambar dan membaca fase-fase mitosis serta fungsinya dan bekerja secara kelompok (kerja sama ) mengerjakan LKS dengan penuh rasa ingin tahu , ( fase 4/ membimbing kelompok belajar dan
bekerja )
Guru
membentuk kelompok baru dengan anggota
dari tiap –tiap kelompok awal yang
diwakili 1 orang dengan kemampuan yang
relatif sama untuk megevaluasi pemahaman tiap
individu dengan suatu game tournamen
( Fase 5 / evaluasi)
|
Kegiatan akhir ( 10 menit)
kegiatan
Guru
mengakumulasi skor yag diperoleh tiap kelompok awal dengan menjumlah skor
yang diperoleh tiap anggota kelompok pada kelompok baru( turnamen) .
Guru memberi penghargaan pada
kelompok yang memperoleh skor terbanyak ( fase 6 / memberi penghargaan)
Konfirmasi
Guru membimbing siswa menyimpulkan materi yang
telah dibahas
|
Alat dan bahan/ sumber belajar
1.- Buku Biologi SMA kelas XII, Depdiknas, Jakarta
- modul
biologi SMA /PLPG, Unesa, Surabaya
- www. Biologi
3 SMA. com
2. Animasi mitosis
3. Lembar Kerja Siswa
4. Kartu soal
5. kartu kunci
Penilaian :
penilaian
kognitif
penialain
afektif/ karakter
LEMBAR KERJA SISWA
Judul :
Reproduksi sel ( mitosis, )
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan pembelahan mitosis
Alat
dan bahan :
1. Buku biologi kelas 12
2. Gambar tahap-tahap mitosis
Kerjakan dengancermat dalam kelompokmu dan bekerja
samalah dengan baik!
1.
Bacalah dengan teliti dan pahami dengan baik tentang mitosis dan amati
gambar tahap-tahap dalam mitosis !
2.
Gambarlah kembali tahap – tahap mitosis
dengan teliti di bukumu !
Bahan
diskusi
Jawablah
pertanyaan berikut !
1.
Jelaskan persiapan sel sebelum melakukan
pembelahan ?
2.
Apakah
pembelahan sel secara mitosis itu?
3.
Bagaimana tahap-tahap atau fase –fase pembelahan sel secara mitosis ?
4.
Jelaskan tingkah laku kromosom pada saat
sel tersebut melakukan pembelahan secara mitosis?
5.
Jelaskan
empat ciri pembelahan mitosis ?
6.
Pada
manusia organ mana sajakah pembelahan sel secara mitosis terjadi?
Mengapa?
KUNCI
BAHAN DISKUSI !
Mitosis
1.
fase persiapan pembelahan sel di sebut
interfase dimana terjadi repilkasi DNA,
penggandaan organel-organel sel, pembentukan enzim
2.
pembelahan sel
yang terjadi pada sel tubuh yang
bertujuan untuk memperbanyak jumlah sel dengan sifat kromosom yang sama dengan
sel induknya .
3.
profase – metafase- anafase- telofase
4.
Profase
Pada awal profase kromatid
menebal dan memendel, sehingga dapat
terlihat dengan mikroskop
Membran nukleus menghilang
Benang spindel mulai terbentuk
Benang spindel menggerakkan kromosom ke bidang ekuator pembelahan
|
metafase
Kromosom tersusun di bidang equator pembelahan
Kromatid kembar masih terikat di sentromer
Sentromer membelah sehingga
kromatid kembar terpisah
|
Anafase
Masing-masing kromatid bergerak kekutub yang berlawanan
Kromatid/ kromosom menuju ke kutub masing-masing
|
telofase
Benamg spindel mulai menghilang
Kromosom kembali menjadi tipis
( benamg kromatin)
Membran nukleus kembali terbentuk dan mengelilingi kromosom
Membran plasma menyempit diantara dua nukleus
Terjadi pembelahan sitoplasma dan terbentuk dua sel anak yang diploid
|
5.
a. terjadi pada sel tubuh
b.
sel anak yang terbentuk adalah 2
c.
sifat kromosom sel anak adalah diploid
d.
hanya terdiri dari satu tahap yaitu profase, metafase, anafase, telofase
6.
semua organ
, karena mitosis selain bertujuan untuk perbanyakan sel juga memperbaiki sel yang rusak
0 komentar:
Posting Komentar